Monday, December 26, 2016

SAMBUNGAN LAS

Mengelas adalah menyambung dua batang logam dengan mempergunakan panas atau melalui proses peleburan. Las yang banyak dipakai adalah jenis las lumer, yang terdiri dari proses pengelasan busur pelindung. Permukaan dari elemen-elemen yang akan disambungkan dipanaskan terlebih dahulu sampai bagian yang akan disambungkan lumer secara bersamaan, biasanya dilakukan dengan tambahan logam lumer lainnya. Apabila logam lumer memadat berarti ikatan antara elemen-elemen telah terjadi.
Pengelasan busur dilakukan baik dengan proses busur listrik atau dengan proses gas. Pelindung dipakai untuk mengendalikan logam lumer dan menjaga mutu las-lasan dengan menghindari nya dari proses oksidasi dan biasanya pelindung berupa pembungkus dari batang elektroda yang dipakai untuk menyambungkan logam.
Jenis las terdiri dari las sudut, las tembus (parit), las sumbat dan las celah. Jenis las yang banyak dipakai adalah las sudut dan las tembus. Las sudut berbentuk segitiga, dengan setiap kakinya disambung sepanjang permukaan dari satu batang. Apabila sisi meringankan berbentuk cembung, permukaan luarnya akan mengalami tarikan setelah terjadi penyusutan dan bisanya akan mengalami retak-retak. Permukaan luar dari las yang berbentuk cekung setelah terjadinya penyusutan berbeda dalam keadaan tertekan dan biasanya tidak mengalami rerak-retak. Oleh sebab itu, las cekung lebih disukai.
Ukuran las sudut dapat didefinisikan sebagai panjang sisi (kaki) dari segitiga yang terbesar yang terdapat pada penumpang las-lasan. Pada umumnya, kaki-kaki segitiga las-lasan mempunyai panjang yang sama. Las-lasan dengan panjang kaki-kaki yang berbeda kurang efisien bila dibandingkan dengan yang panjang kaki-kakinya sama.
Las parit dipakai untuk menghubungkan ujung-ujung batang yang bidang permukaanya sama. Las ini biasanya dipakai untuk Sambungan kolom, pada pangkal pertemuan antara glagar dan kolom, dan pada Sambungan flans girder plat.



Kalau las parit mempunyai tebal lebih besar dari tebal yang disambung las tersebut dikatakan mempunyai penguat. Penguat ini dikatakan mempunyai sedikit tambahan kekuatan pada las-lasan, tetapi mempunyai keuntungan sedikit lebih mudah dalam pelaksanaan. Namun demikian penguat ini tidak menguntungkan apabila terdapat pada Sambungan yang akan mengalami kelelahan. Percobaan - percobaan telah menunjukan bahwa pada penguat terjadi konsentrasi tegangan yang turut memberikan sumbangan bagi terjadinya kegagalan dini. Untuk kondisi ini maka penguat diratakan dengan permukaan dari batang-batang yang disambung kan.
Las sumbat dan las celah dibentuk pada bukaan dari salah satu batang yang disambung kan diatas batang lain. Kadang-kadang las ini bisa dipakai untuk menyatakan plat penutup suatu penampang ke penampang rol lain, penggunaan lainnya ialah menambah las sumbat apabila las sudut yang dipakai tidak cukup panjang.

No comments:

Post a Comment