Tuesday, January 17, 2017

KARAKTERISTIK KENDARAAN PADA PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN RAYA

Unsur jalan raya untuk tinjauan komponen geometrik direncanakan berdasarkan karekteristik - karekteristik dari unsur-unsur kendaraan, lalulintas dan pengendara disamping faktor lingkungan dimana jalan tersebut berbeda. Pertimbangan nya jalan raya harus dapat menampung berbagai jenis kendaraan yang lewat, memberikan kemudahan pada siapa saja yang melewati nya dan layak untuk dilewati sejumlah kapasitas lalulintas rencana agar jalan nyaman, aman, murah dan aksesibilitasnya tinggi. Beberapa parameter perencanaan geometrik dari unsur karekteristik kendaraan antara lain :
Dimensi kendaraan rencana
Kendaraan rencana adalah kendaraan yang dimensi dan radius putaran nya dipakai sesuai acuan dalam perencanaan geometrik. Kendaraan rencana dikelompokkan dalam 3 kategori, yaitu:
  • Kendaraan ringan atau kecil adalah kendaraan yang mempunyai dua as dengan roda empat dengan jarak as 2 - 3 meter.
  • Kendaraan sedang adalah kendaraan yang mempunyai dua as gandar dengan jarak as 3,5 - 5 meter.
  • Kendaraan berat adalah kendaraan yang memiliki jarak as 5 - 6 meter.
  • Truk besar yaitu truk dengan tiga gandar atau truk kombinasi tiga as dengan jalarak as (gandar pertama dan gandar kedua) < 3,5 meter.
  • Sepeda motor.
Jarak putaran (manuver) kendaraan
Setiap kendaraan mempunyai jangkauan putaran, pada kendaraan saat menikung pada sebuah tikungan jalan.


Besar jangkauan putar untuk masing-masing kendaraan berbeda, tergantung pada dimensi kendaraan dan radius putaran pengemudi. Dibedakan pula seperti dimensi jari-jari manuver untuk kendaraan kecil, sedang dan besar. Ini sangat penting untuk dikaji dalam perencanaan geometrik jalan dari intersection, round-about, atau pun pada penentuan radius minimum dari satu tikungan.

 


Satuan mobil penumpang (SMP)
Satuan mobil penumpang adalah unit satuan kendaraan untuk dimensi kapasitas jalan, dalam hal dimana sebagai referensi mobil penumpang dinyatakan mempunyai nilai satu SMP.

3 comments: