Friday, January 20, 2017

VOLUME LALULINTAS RENCANA

Volume Lalu lintas Harian Rencana (VLHR) adalah perkiraan volume lalulintas harian pada akhir tahun rencana lalulintas, yang dinyatakan dalam SMP/hari. Volume jam rencana (VJR) adalah perkiraan volume lalu lintas pada jam sibuk tahunan rencana lalulintas, dinyatakan dalam SMP/jam dan dihitung dengan menggunakan Rumus:
VJR = VLHR X K/F
Dimana :
K = disebut faktor K, adalah faktor volume lalulintas jam sibuk
F = disebut faktor F, adalah faktor variasi tingkat lalulintas per seperempat jam, dalam satu Jam
VJR dipergunakan untuk menghitung jumlah jalur jalan dan fasilitas lalulintas lainnya yang diperlukan. Arus lalulintas bervariasi antara jam ke jam dalam satu hari. Volume lalulintas dalam satu jam yang dipergunakan sebagai VJR harus direncanakan sedemikian rupa, sehingga :
  • Volume tersebut tidak boleh terlalu sering terdapat pada distribusi arus lalulintas setiap jam untuk periode satu tahun.
  • Apabila terdapat volume arus lalulintas per jam yang melebihi volume perencanaan, maka kelebihan tersebut tidak boleh mempunyai nilai yang terlalu besar.
  • Volume tersebut tidak boleh mempunyai nilai yang terlalu besar, sehingga akan mengakibatkan jalan akan menjadi lenggang dan biayanya pun menjadi besar.
Bentuk umum dari lengkungan yang menggambarkan hubungan antara jumlah jam dengan volume per jam yang lebih besar dari yang ditunjukkan dengan volume/jam dinyatakan dalam persentase LHR, sebagaimana gambar dibawah ini.

AASHTO menyatakan bahwa tumit lengkungan terjadi pada jam sibuk ke 30, dengan volume lalulintas /jam = 15% LHR. Berarti terdapat 30 jam dalam setahun volume lalulintas jauh lebih tinggi dari kondisi di tumit lengkungan. Secara teoritis jalan yang direncanakan dengan VJR pada kondisi tumit lengkungan akan mengalami volume lalulintas lebih besar, kira-kira 30 jam X 365 hari X 24 jam. Yang ada dalam tiap tahunnya. Agar ekonomis pada jalan-jalan yang kurang penting, VJR dapat diambil pada kondisi dapat diterima karena hanya antara 100 - 200 jam dalam 365 hari X 24 jam jalan akan mengalami kemacetan dan kemacetan tersebut tersebar selama satu tahun.

No comments:

Post a Comment