Monday, January 16, 2017

KONSEP DASAR PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN RAYA

Perencanaan geometrik jalan raya merupakan bagian dari suatu perencanaan konstruksi jalan, yang meliputi perancangan pola arah dan visualisasi dimensi nyata dari suatu trase jalan beserta bagian-bagiannya, disesuaikan dengan persyaratan parameter pengendara, kendaraan dan lalulintas.  Melalui perncanaan geometrik diusahakan untuk dapat menciptakan hubungan yang serasi antara faktor-faktor yang terkait dengan parameter tersebut diatas, sehingga akan dihasilkan suatu efisiensi, keamanan serta kenyamanan yang paling optimal dalam batas-batas pertimbangan toleransi yang dianggap layak.

Perncanaan geometrik secara umum menyangkut aspek-aspek perencanaan elemen jalan seperti lebar, tikungan, kelandaian dan jarak pandang, serta kombinasi dari bagian-bagian tersebut. Perencanaan geometrik akan lebih memperhatikan beberapa parameter yang terkait langsung dengan karekteristik lalulintas dan turunannya, berbeda dengan perncanaan struktur jalan yang lebih menyoroti faktor kekuatan akibat dari lalulintas.

Dalam perencanaan jalan raya, pola dan bentuk geometrik jalan harus direncanakan dengan sedemikian rupa sehingga jalan yang bersangkutan akan memberikan pelayanan yang optimal kepada lalulintas sesuai dengan fungsinya. Dalam tinjauan pembangunan berkelanjutan, perncanaan geometrik adalah merupakan fase lanjutan penyimpan suatu prasarana jalan secara utuh yang kemudian akan diikuti dengan serangkaian fase selanjutnya yang akan lebih menekankan pada langkah pembangunan struktur jalan sesuai dengan kriteria fungsional jalan.

No comments:

Post a Comment