Saturday, January 7, 2017

DASAR-DASAR MICROSOFT PROJECT

Microsoft project menggunakan perhitungan Network planning dan menggunakan diagram bar chart atau gantt chart sebagai tampilan grafisnya agar memudahkan pembacaan. Untuk memahami Microsoft project menghitung perlu kiranya dimengerti terlebih dahulu definisi sebagai berikut :
  1. Durasi (D) adalah waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan.
  2. Earlies Start (ES) adalah Start paling cepat kegiatan tersebut dilaksanakan.
  3. Earlies Finish (EF) adalah saat paling cepat kegiatan tersebut diselesaikan.
  4. Late Start (LS) adalah paling lambat kegiatan tersebut dilaksanakan.
  5. Late Finish (LF) adalah paling lambat kegiatan tersebut diselesaikan.
  6. Free Float (FF) adalah jumlah waktu tunda atau memperpanjang waktu kegiatan tanpa memengaruhi waktu awal kegiatan tersebut.

Total Float (TF) adalah jumlah waktu tunda atau memperpanjang waktu kegiatan tanpa memengaruhi akhir proyek.
Semakin besar harga Total Float, maka kegiatan tersebut mempunyai semakin banyak waktu tunda tanpa akan mengakibatkan keterlambatan akhir rangkaian kegiatan. Free Float menunjukkan kegiatan dapat terlambat dikerjakan tanpa memengaruhi waktu awal aktifitas sesudahnya.
Rumus
EF = ES + D
LS = LF - D
FF = ES - EF
TF = LF - EF
Suatu kegiatan yang harus selesai tepat pada waktunya, jika kegiatan tersebut terlambat maka akan memengaruhi kegiatan berikut nya juga akan terlambat. Bahkan dapat mengakibatkan tanggal penyelesaian proyek berubah, rangkaian beberapa kegiatan kritis disebut sebagai jalur kritis atau Critical Path. Untuk menghitung umur proyek dapat dilakukan dengan dua cara metode analisis, yaitu :
Menghitung Kedepan
Dilakukan untuk menghitung waktu akhir dari rangkaian kegiatan selesai. Perhitungan dari depan dilakukan dari awal dengan mengambil harga awal Nol dan selanjutnya diurutkan sampai akhir. Jika ada dua atau lebih waktu kejadian makan yang diambil adalah Nilai Terbesar. 
Terlihat pada peristiwa atau node nomer 3 dimulai dari hari ke 8 dan akan melakukan kegiatan Y yang berdurasi 8 sehingga 8+8 = 16, akan tetapi node 4 dimulai dari hari ke 11 untuk kegiatan X durasi 7 sehingga 11+7 = 18. Karena ada dua kegiatan yang menuju ke Z dimulai dari hari ke 18 diambil nilai terbesar. Dari perhitungan tersebut maka kegiatan Y memiliki Free Float sebesar 2 hari.
Menghitung Kebelakang
Perhitungan Kebelakang dilakukan untuk mendapatkan waktu awal dari rangkaian kegiatan dimulai. Perhitungan Kebelakang dilakukan dari akhir dengan mengambil harga sesuai dan selanjutnya diurutkan sampai awal. Jika ada dua atau lebih waktu kejadian maka yang diambil adalah Nilai Terkecil.
Pada node nomor 5 selesai hari ke 30 dikurangi durasi kegiatan Y yaitu 8 menjadi 30 - 8 = 22, node nomor 4 hari ke 35 dikurangi Durasi X 35 - 7 = 28. Kondisi ini dipakai untuk node nomor 3 adalah yang terkecil yaitu 22, dari perhitungan tersebut maka kegiatan X memiliki Total Float sebesar 6 hari.

No comments:

Post a Comment