Friday, January 6, 2017

KONSEP MANAJEMEN PROYEK

Management proyek adalah suatu urutan dan peristiwa yang dirancang dengan baik dengan suatu permulaan dan akhir yang direncanakan untuk mencapai suatu tujuan yang jelas. Management proyek berbeda dengan suatu kegiatan yang dilakukan sehari-hari karena tujuan nya adalah tertentu bukan peristiwa yang rutin. Karena tidak rutin itulah makan management proyek memiliki perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan.  Management proyek lebih menekankan pada penjadawalan dan pengendalian, dibandingkan dengan management dan departemen fungsional. Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara cepat, tepat dan efisien maka penjadawalan dan pengendalian proyek harus dilakukan dengan teliti dan seoptimal mungkin. Permasalahan yang terkadang sering timbul dalam proyek antara lain :
  1. Sulitnya penyelesaian proyek dengan tepat waktu.
  2. Seringnya pelaksanaan proyek membutuhkan biaya yang lebih besar dari rencana semula.
  3. Sulitnya pengguna sumbernya dengan seefesian mungkin.

Penjadawalan merupakan solusi yang diperlukan guna menyelesaikan permasalahan tersebut, untuk proyek yang kecil dengan beberapa kegiatan, tahapan pelaksanaan nya umumnya tepat dan dapat dibayangkan sehingga dalam penjadawalan nya relatif tepat dengan pelaksanaan nya. Akan tetapi berbeda halnya dengan kegiatan proyek besar dimana selain jumlah kegiatan yang dilakukan relatif banyak dan rumit, keterangan penjadawalan tidak hanya dilakukan dengan menggunakan pemikiran semata.

Unsur penjadawalan adalah permalan, walaupun perlu disadari bahwa perubahan-perubahan bisa saja terjadi dimasa mendatang dan akan memengaruhi pola perencana itu sendiri. Penjadawalan itu sendiri merupakan pemikiran mendalam dalam menyikapi berbagai persoalan yang ditaksirkan akan timbul dalam kegiatan itu, menguji jalur-jalur logis, menyusun berbagai macam tugas yang menghasilkan suatu kegiatan lengkapnya menuliskan macam-macam kegiatan dalam kerangka acuan logis dan rangkaian waktu yang tepat.

Penjadawalan bagi sebuah proyek merupakan peta dalam perjalanan nya. Tanpa peta yang baik perjalanan nyasar sehingga otomatis akan menghabiskan banyak waktu serta membengkak nya biaya pelaksanaan akan terjadi. Untuk itu sebelum proyek dilaksanakan ada baiknya seorang manajer proyek terlebih dahulu merencanakan penjadawalan. Network Analysis sebenarnya merupakan perbaikan dari metode diagram batang. Metode ini menyajikan secara jelas hubungan ketergantungan antara kegiatan dengan kegiatan lainnya yang digambarkan dalam diagram Network. Dengan metode ini dapat kita ketahui bagian-bagian kegiatan yang harus diselesaikan terlebih dahulu tanpa mengganggu kegiatan yang lain dan dapat pula dilihat mana kegiatan yang dipandang paling penting sehingga diharapkan bisa diselesaikan tepat waktu.

No comments:

Post a Comment